Share It

Friday, May 20, 2011

Memulai Kebiasaan Sehat pada Anak

Dengan gaya hidup sehat, akan tercipta fisik dan jiwa yang sehat. Yuk ajarkan si kecil kebiasaan hidup sehat sejak dini agar kesehatannya selalu terjaga!



Begitu banyak kebiasaan baik yang bisa Anda ajarkan kepada si kecil, dan kebiasaan ini bisa Anda kenalkan sejak ia masih kecil. Pada dasarnya anak sering sekali meniru kebiasaan orang tuanya. Sehingga, Anda pun bisa melatihnya untuk melakukan hal yang sama setiap hari. Mengenalkan kebiasaan hidup sehat sejak dini akan memberi manfaat di kemudian hari, jadi lakukan secara bertahap dengan cara yang menyenangkan. Hal-hal apa saja yang bisa diajarkan kepada si kecil? Simak tips berikut ini:



Ajarkan mencuci tangan



Mencuci tangan adalah kebiasaan yang wajib dilakukan untuk menjaga agar si kecil terus terjaga kesehatannya. Ajarkan cara mencuci tangan secara teratur dan bertahap. Ingatkan bahwa mencuci tangan wajib dilakukan terutama sebelum makan dan setelah makan.



Biasakan menyikat gigi



Ciptakan kebiasaan menyikat gigi sejak kecil. Anda bisa memulainya pada saat gigi pertamanya tumbuh. Saat ia mencapai usia 1 tahun, Anda bisa mengajarkan cara menyikat gigi dengan cara menyenangkan, misalnya memasang musik khusus setiap saat menyikat gigi.



Mengurangi kebiasaan minum lewat botol



Kurangi kebiasaan minum susu lewat botol menjelang tidur. Sebab sisa susu atau minuman manis pada gigi bisa merusak gigi.



Jaga kebersihan kukunya



Pastikan untuk selalu menggunting kukunya dan menjaga kebersihan pada bagian kuku, baik kuku tangan maupun kaki. Sebab kuku yang kotor bisa menjadi tempat ‘transit’ bakteri dan ini bisa membahayakan kesehatan si kecil.



Cuci rambut batita tiga kali seminggu



Anda bisa mencuci rambutnya lebih dari tiga kali jika ia memang sangat berkeringat atau banyak melakukan kegiatan di luar ruang. Jika ia terkena kutu, berikan obat anti kutu dengan segera, sebab kutu rambut akan membuatnya gatal.



Berikan sabun dan krim pelembab khusus bayi



Jika si kecil mengalami eksim, Anda bisa menjaga kesehatan kulitnya dengan selalu menggunakan sabun dan krim pelembab khusus. Pastikan juga untuk selalu mencuci tangannya ketika ia sedang mengalami gangguan pada kulit.



Ajak si kecil bermain



Hingga usia 2 tahun, ajak ia bermain bola, turun naik tangga/benda, menarik mainan atau berjalan. Kebiasaan bermain dapat membantu memperkuat tulang dan ototnya, meningkatkan fleksibilitas, koordinasi dan keseimbangan. Sehingga ia dapat terhindar dari obesitas dan fisiknya pun menjadi lebih kuat.

source : Club Nutricia

No comments:

Post a Comment

Hemolytic Anemia

http://www.shvoong.com/medicine-and-health/medicine-history/2168772-hemolytic-anemia